Sunday, May 8, 2011

Gambar Larangan Merokok Malah Memicu Orang Ingin Merokok

Owalah...kejadian ini sering saya liat pada saat berangkat menuju ke tempat "mengais rezeki" alias tempat kerja di daerah BSD Serpong, kebeneran setiap hari saya selalu lewat depan Rumah Sakit Eka Hospital, dan di depan pager nya ada iklan besar menggunkan bahan kurang lebih panjang lebarnya sekitar 7m x 1m "Dilarang merokok di kawasan Rumah Sakit(Berikut ada logo gambar rokok di coret warna merah", eh ke esokan hari nya...saya lewat situ lagi ada orang dengan santai duduk di depan iklan tersebut sambil "cepas-cepus menghisap batang rokoknya", hahahha, bukannya saya mau nyndir para perokok, cuma aneh aj udah tau ada tulisan besar di belakang dia tepat dia duduk.

Ya udahlah ini hanyalah intermezzo aj, selebihnya tinggal kesadaran diri kita aj untuk men-taati peraturan, walaupun saya juga "suka ngebangkang", hehehhe

Beberapa tempat atau ruangan kadang ditempelkan tanda larangan merokok berupa gambar rokok dicoret. Tapi studi menunjukkan bahwa tanda larangan tersebut justru memicu orang untuk ingin merokok.

Studi psikologis menemukan bahwa tanda larangan merokok akan membuat seseorang lebih sulit untuk melawan rasa ingin merokok. Tanda ini memiliki efek yang ironis pada perokok karena bisa meningkatkan keinginanannya atau membuatnya berpikir untuk merokok.

"Anda akan mendapatkan efek yang ironis. Sama seperti halnya ketika saya katakan 'Tidak memikirkan gajah merah muda' maka seseorang akan memikirkan gajah berwarna merah muda," ujar peneliti Brian Earp dari Oxford University, seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (7/5/2011).

Kondisi ini tentu saja membuat seseorang lebih sulit untuk menahan dirinya agar tidak merokok, sehingga tanda seperti ini justru memicu orang untuk merokok dan bukan menghindarinya.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui pesan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada larangan merokok atau pesan kesehatan lainnya, sehingga pesan kesehatan yang dimaksud bisa tercapai dan bukan memberikan dampak negatif.

2 comments:

jasa pembuatan company profile booklet said...

terima kasih artikelnta

zium idod namhar said...

@jasa pembuatan company profile booklet : ok...senang anda bisa melihat artikel ini, dan terima kasih sudah datang ke blogspot saya