Thursday, September 8, 2011

Pemblokiran Facebook Di Kantor Meningkat

Pelarangan akses menuju situs-situs jejaring sosial makin ketat diberlakukan di perusahaan-perusahaan di Inggris. Pasalnya, dibebaskannya akses Facebook cs dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi perusahaan seperti kebocoran data.

Pada tahun lalu, proporsi bisnis yang melakukan pelarangan akses menuju situs jejaring hanyalah 9%, akan tetapi kini jumlahnya meningkat menjadi sebanyak 32% di negeri Ratu Elizabeth itu.

Sejumlah insiden kejahatan cyber diperkirakan menjadi penyebab meningkatnya kekhawatiran pemilik perusahaan. Salah satunya adalah kejadian yang menimpa Sony yang menyebabkan perusahaan Jepang tersebut harus melumpuhkan PlayStation Network.

Sony beberapa waktu lalu mendapat serangan dari peretas yang mencoba mencuri informasi pribadi user. Akibat ulah ini, Sony menderita kerugian ratusan juta dolar, demikian dikutip detikINET dari Telegraph, Kamis (8/9/2011).

Peningkatan pelarangan ini menyebabkan ketegangan di perusahaan. Mengacu pada survei yang dilakukan oleh perusahaan keamanan Clearswift, sebanyak 55% dari pekerja yang berusia 18-24 tahun menganggap situs jejaring itu adalah sebuah hak.

Survei yang dilakukan oleh pihak lain yakni Protiviti juga menemukan bahwa sebagian besar karyawan tidak melihat keberadaan situs jejaring sebagai sebuah risiko keamanan.

Hal ini berbanding terbalik dengan anggapan banyak pimpinan perusahaan yang melihat bahwa situs jejaring sosial bisa mengakibatkan kebocoran informasi atau akses masuk virus komputer.

http://www.detikinet.com/read/2011/09/08/091359/1717904/398/pemblokiran-facebook-di-kantor-meningkat?i991101105

No comments: