Friday, September 23, 2011

Memperbaiki Saluran Septic Tank yang Mampet

Assalamualikum Wr Wb


Cuma mau share aj mengenai "pengeluaran tak terduga" rumah, beberapa bulan terkahir saluran septic tank saya mampet, lalu saya manggil tukang sedot WC alhasil lancar kembali, namun dalam jeda 2 bulan kondisi mampet tersebut muncul kembali. Akhirnya saya putuskan untuk bongkar saluran sepanjang +- 12 meter dari arah closet menuju pmbuangan tinja. Oh iya rumah saya tipe 40/75, Perumahan Griya Ciledug - Tangerang

Biaya penggalian saluran septic tank akan saya rinci agar menjadi acuan anda mengenai anggaran yang "unpredictable" ini, berikut bahan-bahan dan harga nya (harga sewaktu-waktu bisa berubah) diambil dari Toko "Sari Bangunan II' Ciledug-Tangerang alias tepat di depan gerbang komplek saya:

1. Pipa PVC merek wavin 4" = 3 qty ---> @ Rp.85.000,- * 3 = Rp. 255.000,-
2. Knee 4" / pembelok pipa PVC = 1 qty ---> @Rp. 6.000,-
3. 1 Sak Semen Gresik 50 kg = Rp.55.000,-
4. 1/2 Kijang Pasir bangka Halus = Rp. 75.000,-
5. 2 Dus Keramik KW 1 atau 2 30x30 =@ Rp. 25.000,- * 2 = Rp. 50.000,-
6. Biaya Tukang yang berjumlah 2 orang (terdiri dari Kepala Tukang & Anak Buah) = Kepala Tukang Rp.75.000,- sudah termasuk makan & Anak Buah Rp.60.000,- sudah termasuk makan juga.


Jadi total selama saya memperbaiki saluran septic tank adalah = Rp.636.000,- diluar kopi dan snack/makanan ringan selama pengerjaan berlangsung. Mungkin kalo di perkirakan cuma habis sebesar Rp.650.000,-

Ok lanjut ke arah proses, biasanya memakan waktu sehari di tambah lembur, bila saluran pipa nya sepanjang 12 meter sesuai yang ada di rumah saya. Waktu itu sih saya melakukan pekerjaan tgl 21 September 2011 dimulai jam 09.00 wib - 18.15 wib, kalo di hitung totalnya yaitu 9 jam 15 menit, sedangkan normal harian tukang yaitu 8 jam, jadi ada lebih 1 jam 15 menit. Prosesnya lumayan banyak, mulai dari bobok deket septic tank, bobok keramik kamar sampai mendekati kloset. Sebelumnya saya akan memberitahu pipa pvc bawaan developer di tempat saya kurang bagus, dan masih menggunakan pipa berwarna abu-abu dan tipis serta ukuran nya 3", ini sangat tidak dianjurkan untuk saluran closet ke arah septic tank. Standar pipa yang di butuhkan adalah 4". Pada saat pengangkatan pipa lama ternyata udah banyak yang berlobang dan hancur, jadi tanah itu masuk kedalam secara perlahan dan membuat saluran jadi mampet total!!!

Namun dengan proses tukang yang sudah ahli, alhamdulilah semua nya selesai dan lancar kembali, tapi jangan lupa utk anda, siap-siap lembur sekeluarga untuk membersihkan kotoran pasir dan tanah basah yang menempel di keramik-keramik rumah anda. Solusi untuk mengurangi keramik yang kotor adalah, sebelum memulai penggalian, anda sudah mempersiapkan lembaran koran untuk posisi jalur jalannya keluar masuk tukang dan anda, dijamin akan meringankan anda dari lembur panjang. Semoga gambaran ini bisa membantu anda dalam memperbaiki septic tank yang bermasalah.



Wassalam Wr Wb

4 comments:

septic tank pumping alpharetta said...

This is my earliest opportunity i afflict here. I base so many absorbing baggage in your blog especially its discussion. From the tons of comments on your articles, I guess I am not the one in unison having all the exercise here! board up the tolerable work.

zium idod namhar said...

@ septic tank pumping alpharetta : i am so very happy, you look my blog about "septic tank problem", and i am very flattered for your comment, thx a lot.....maybe next time i will try for develop my experience about this...thx

Anonymous said...

@ zium idod namhar can I have contact no. Of your tukang? Thanks .I have the same problem here

Septic Tank Bio said...

mantep bang