Sunday, July 31, 2011

Hasil Sidang Itsbat: 1 Ramadan Jatuh Pada 1 Agustus

Jakarta - Setelah pemantauan hilal dilakukan di beberapa titik di Indonesia, akhirnya ditetapkan 1 Ramadan jatuh pada 1 Agustus 2011. Tidak ada perbedaan pendapat dalam sidang itsbat yang digelar malam ini dengan melibatkan sejumlah instansi tersebut.

"Memutuskan keputusan Menteri Agama tentang penetapan 1 Ramadan. Satu, tanggal 1 Ramadan jatuh pada Senin 1 Agustus 2011. Kedua, berlaku sejak diundangka," ujar Kepala Biro Hukum Kemenag, Mubarok, dalam sidang itsbat yang digelar di Kemenag, Jl Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (31/7/2011).

Keputusan itu dibacakan setelah beberapa saksi yang telah disumpah menyatakan melihat bulan dan instansi memberikan pendapatnya dalam sidang tersebut. Misalnya saja dari LAPAN, PP Muhammadiyah, dan NU.

"Keputusan ini sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat karena akan melaksanakan tarawih. Karena sudah disepakati sebaiknya segera diumumkan," kata perwakilan NU sebelum keputusan dibacakan.

Sementara itu, Thomas Jamaluddin dari LAPAN menyebut, semua ormas Islam telah satu langkah dan satu perhitungan. "Semua sudah memenuhi kriteria rukyat," ucap Thomas.

No comments: