Friday, October 14, 2011

AFC Sebut 4 Kekurangan & 2 Kelebihan Sepakbola Indonesia

Badan Sepakbola Asia (AFC) telah melakukan penilaian terhadap seluruh klub sepakbola Indonesia yang akan berlaga di IPL 2011/12 musim ini. Dari penilaian AFC, ada empat kekurangan yang dimiliki Indonesia.

1. "Kami menemukan sejumlah kelemahan sepak bola indonesia yang perlu diperbaiki. Pertama, adalah minimnya fasilitas stadion di Indonesia. Begitu banyak stadion, tapi sedikit yang bisa dikatakan stadion kelas A," ujar Direktur Kompetisi AFC, Tokuaki Suzuki usai menggelar pertemuan dengan PSSI di Hotel Ambhara.

"Secara umum, tidak adanya lampu dan tidak adanya atau sedikit kursi independen bagi penonton dan kursi bernomor bagi penonton. Melihat kelemahan tadi, kami telah berdiskusi dengan pengelola stadion, apa-apa saja yang harus diperbaiki pada tahun depan," tambahnya.

2. "Kelemahan lain adalah ketertiban organiasi dalam pelaksanaan pertandingan. Karena begitu banyaknya penonton dan antusiasme media, tentu ketertiban pertandingan sangat penting jika ingin jadi tuan rumah berskala internasional," tambahnya.

3. kelemahan ketiga, pria asal Jepang ini menyebut manajemen klub dan profesionalitas manajemen klub, keuangan klub serta legalitas klub yang masih lemah.

4. Sistem pembinaan usia muda. Kami melihat klub memiliki pembinaan pemain muda tapi itu hanya di usia atas, tapi tidak memiliki struktur seperti usia U12 dan seterusnya. Tidak ada kompetisi yang aktif untuk kategori usia ini," ujarnya.

Namun, AFC juga menemui kelebihan sepakbola Indonesia sehingga berpotensi meningkatkan kualitas sepakbola Indonesia. Ada dua kelebihan di Indonesia.

1.Tingginya minat dari media dan luasnya jangkauan stasiun televisi.

2.Begitu antusiasnya masyarakat Indonesia terhadap sepakbola.

Dua aspek ini sangat penting bagi masa depan sepakbola Indonesia," ujarnya.
Rencananya, hari ini AFC akan menggelar workshop dengan seluruh klub Liga Super terkait temuan-temuan AFC dalam proses penilaian. "Kami akan melakukan workshop bersama dengan seluruh klub," tandas Tokuaki.

No comments: