Tuesday, June 21, 2011

Menampilkan kembali On-Screen Keyboard Windows ke layar Desktop Anda (Trik Keyboard)

Jika Anda pernah terhubung PC Anda (Windows 7) ke monitor sekunder (saya asumsikan DLP projector) dan kemudian terputus tanpa mengingat untuk memindahkan layar ke desktop utama, Anda mungkin pernah mengalami permasalahan ini:

Aplikasi sedang running. dan Anda dapat melihat di taskbar, namun kalian tidak dapat melihat pada layar desktop setiap akan meng-klik program tersebut, karena masih menganggap itu berjalan pada monitor sekunder. Anda mencoba dan menggunakan klik kanan, Move, tapi itu tidak terjadi apa-apa, dan layar tidak bergerak di mana saja. Anda akhirnya reboot alias booting ulang!!!

Ada trik sederhana yang setidaknya bisa membantu ini, berikut triknya :

1. Pertama gunakan perangkat keras keyboard anda, setelah itu pastikan Anda mengklik sekali program yang berada di taskbar biar terlihat fokus program apa yang akan di kembalikan ke layar desktop anda. Kemudian klik kanan pada taskbar dan pilih Move
2. Lalu Tekan saja salah satu dari tombol panah (Kiri, Kanan, Bawah, Atas) di keyboard external anda sambil meng-gerakkan mouse, dan jendela ajaib harus "pop" kembali ke layar.

Catatan: Kalo masih belum bisa coba saja alt-tab ke jendela (maksudnya fokuskan program yang dipilih, bisa meng-klik maupun menggunakan shortcut) lalu gunakan Alt + Space, lalu tekan M, kemudian tombol Arrow, dan kemudian gerakkan mouse anda. (Coz waktu itu gw juga bingung apa dulu yang diteken, hehehe, tiba-tiba muncul aja sih....wkkwkwkw)

Update: Bisa juga klik kanan pada taskbar dan pilih Cascade windows, "Kadang" membantu membawa kembali ke layar desktop anda.

Semoga Beruntung dan bermanfaat

Wassalam

No comments: