Wednesday, June 8, 2011

Koil & Pure Saturday meriahkan Kickfest 2011 Jakarta

Jakarta - Setelah empat tahun berturut-turut diadakan di kota-kota besar selain Jakarta, akhirnya Kickfest akan diselenggarakan di ibukota negara ini untuk pertama kalinya. Dengan menggandeng Axis sebagai sponsor, acara clothing expo yang diprakarsai oleh asosiasi komunitas clothing lokal dan distro di tujuh kota (Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Makassar, Lampung, Surabaya dan Malang) bekerjasama dengan Independent Network Indonesia itu akan berlangsung selama tiga hari di Plaza Barat Senayan, mulai tanggal 10 sampai 12 Juni 2011.

Sejak 2007 Kickfest rutin diadakan setiap tahun di kota-kota yang dianggap oleh penyelenggara sebagai kota dengan industri clothing lokal yang menggeliat dengan cepat. Kota-kota itu adalah Bandung, Yogyakarta, Malang dan Makassar.

Tahun ini Kickfest 2011 digelar di 4 kota, yakni Yogyakarta (1-3 April), Jakarta (10-12 Juni), Malang (8-10 Juni) dan Bandung (7-9 Oktober). Mengenai keputusan untuk menyelenggarakan Kickfest di Jakarta untuk pertama kalinya pada tahun ini, penyelenggara acara mengakui bahwa acara ini ingin mendapatkan akreditasi sebagai event berskala nasional.

“Sampai saat ini Kickfest telah diakui sebagai city event di Bandung, Yogyakarta dan Malang. Akhirnya mau nggak mau kami harus ke Jakarta juga. Cuma yang perlu digarisbawahi di sini adalah ternyata budaya pop itu tidak harus datang dari pusat ke daerah. Daerah pun punya kekuatan yang sama. Ini adalah suatu event yang jarang digunakan oleh brand,” kata Ryan LH selaku Head of Communication Dept. Independent Network Indonesia.

Sesuai dengan komitmen untuk menjadikan brand lokal sebagai tuan rumah di negara sendiri, Kickfest mempunyai tujuan untuk memperkuat industri clothing lokal dengan menebarkan kecintaan kepada produk-produk lokal tersebut. Dan sejauh ini, menurut Project Director Reza Pamungkas, di kota-kota dimana selama empat tahun terakhir ini Kickfest diadakan, omset clothing brand lokal menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan brand-brand dari luar kota tersebut.

“Jakarta ini cukup kuat [industri clothing-nya]. Kalau dibandingkan dengan kota-kota lain pergerakannya harusnya malah lebih cepat dengan fasilitas yang ada. Tapi ternyata geliat itu muncul dari daerah. Bukan berarti Jakarta padam, tidak. Tapi mungkin tertutup dengan brand-brand impor sehingga tidak terlalu mencuat,” imbuh Reza Pamungkas.

Namun demikian, Reza yakin clothing dan distro Jakarta bisa menjadi tuan rumah di Kickfest 2011 akhir pekan ini, meski harus bersaing dengan brand-brand luar Jakarta yang juga sudah punya nama. Nantinya 101 booth yang tersebar di Plaza Barat Senayan akan diisi oleh ratusan clothing dan distro dari berbagai kota di Indonesia [kecuali Malang, yang harus mempersiapkan Kickfest tanggal 8 Juni mendatang], seperti: Flashy, Slackers, God.Inc, Nichers, Screamous, D’Loops, Starcross, Barbel, NLS, Invictus, Wadezig!, Blankwear dan masih banyak lagi.

Dan seperti biasanya, Kickfest di Jakarta nanti pun akan dimeriahkan oleh penampilan band-band yang digandrungi anak-anak muda. Mereka adalah Koil, Pure Saturday, Morfem, Sarasvati, Gribs, Innocenti, Last Child, Dagger Stab, Teenage Death Star, After Coma, Bottlesmoker, Vincent Vega dan lain-lain. Selain itu juga akan tampil band-band hasil audisi dan polling yang telah mengirimkan demo kepada penyelenggara acara.

Tiket masuk acara ini dibandrol dengan harga Rp 15 ribu. Setiap pengunjung akan mendapatkan 1 kartu perdana Axis yang berisi pulsa Rp 4 ribu.

No comments: