Wednesday, April 4, 2012

Mengenal Cloud Computing : DropBox !!

Apa itu dropbox :Dropbox is a free service that lets you bring your photos, docs, and videos anywhere and share them easily. Never email yourself a file again!


Dropbox mendukung semua jenis file untuk di upload seperti layaknya explorer yang setiap kali kita buka saat ingin melihat file atau dokumen. Dropbox merupakan salah satu aplikasi cloud computing yang digunakan untuk menyimpan, mengakses dan berbagi dokumen kapanpun dimanapun berdasarkan sinkronisasi folder di komputer Anda dengan folder yang Anda di akun Dropbox (asalkan ada koneksi internet tentunya). Dengan mempunyai akun dropbox Anda akan mendapatkan media penyimpanan di internet sebesar 2GB gratis. Ini sama dengan rata-rata 500 lagu MP3 kualitas tinggi, atau 2000 lebih dokumen Word pada umumnya, atau 2000 lebih dokumen file PDF. Saya pun merekomendasikan setiap klien saya untuk menggunakan dropbox.

Keuntungan Manfaat dan Keunggulan Mempunyai Akun Dropbox

  1. Berbagi file atau dokumen secara publik bisa di akses setiap orang atau terpilih untuk orang-orang tertentu
  2. Tidak ada batasan maksimum file yang di upload menggunakan aplikasi desktop dan hanya dibatasi 300MB jika waktu upload menggunakan aplikasi website dropbox (artinya setiap file maksimal berukuran 300MB dengan jumlah file yang tidak terbatas). Hanya dibatasi oleh jenis akun, dalam hal ini 2GB jika gratis secara default atau 8GB gratis jika merekomendasikan ke orang lain untuk menggunakan dropbox seperti yang saya lakukan sekarang ini.
  3. Tidak ada pembatasan jenis file atau format file. Entah itu CDR, avi, mkv, wmv, Ai, RAR, ZIP, 7ZIP, PSD, ataupun lainnya.
  4. Bisa upload file via email
  5. Didukung direct download atau bisa di download langsung tanpa ada verifikasi huruf dan sebagainya. Ini juga berarti bisa digunakan sebagai host gambar yang diakses langsung melalui website.
  6. Didukung oleh website host terkenal seperti fileserve dan sebagainya. Dengan fasilitas ini Anda tidak perlu upload file dua kali jika sudah ada di dropbox Anda tinggal menghubungkannya ke akun file host.
  7. Gratis. Ya gratis 2GB langsung setelah Anda mendaftar. Bahkan sampai 8 giga jika Anda merekomendasikan ke teman-teman Anda. Per rekomendasi Anda akan di beri gratis 250MB
  8. Sudah dipakai oleh banyak orang yang akan memeprmudah Anda dalam proses berbagi file terutama klien.
  9. File tidak akan pernah dihapus oleh dropbox meskipun sudah tidak lagi diakses dalam waktu lama.
  10. Gampangnya, menggunakan dropbox menambah produktifitas desainer dengan cara mempercepat waktu upload download sinkronisasi, mengurangi biaya (tidak harus beli akun host file), memudahkan klien akses data yang biasanya berukuran besar dan lain sebagainya.

Mendaftar di Dropbox

  1. Masuk ke halaman website dropbox atau klik disini
  2. Isi formulir sign-up atau registrasi
  3. Download langsung software dropbox uktuk aktivasi akun
  4. Install langsung juga software dropbox
  5. Masukkan identitas akun dropbox Anda sesuai pada saat Anda mendaftar
  6. Atur dan sinkronisasi folder di komputer Anda
  7. Dropbox sudah siap dipakai

Segera instal dan sinkronisasi file Anda dengan demikian akun Anda baru bisa dipakai. Setelah Anda mendaftar, sudah punya akun dan sudah disinkronisasi. Apa yang bisa Anda lakukan

  1. Mengundang teman untuk menggunakan akun dropbox bisa melalui email, facebook, twitter atau media lainnya. Dengan demikian Anda bisa saling berbagi dokumen atau file secara personal yang hanya bisa Anda dan orang yang Anda undang (mode share) saja yang bisa melihat file dokumen tersebut
  2. Upload file Anda menggunakan software dropbox dan letakkan di folder yang sudah Anda tentukan. Personal, Share atau public

No comments: