Tuesday, December 27, 2011

Pulau Jeju (Korea Selatan) Resmi Tercatat Sebagai 7 Keajaiban Dunia

Zurich - Pihak penyelenggara kompetisi New7Wonders of Nature telah mengukuhkan Pulau Jeju yang terletak di Korea Selatan sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Sementara Pulau Komodo yang menjadi kebanggaan Indonesia masih belum diketahui nasibnya.


"Selamat! Pulau Jeju sekarang dikukuhkan sebagai salah satu New7Wonders of Nature," tulis Bernard Weber, Pendiri-Presiden New7Wonders, dalam sebuah surat kepada Profesor Chung Un-chan, ketua komite nasional untuk memilih Pulau Jeju.

"Mari kita terus bekerja sama dalam persiapan untuk acara Peresmian Resmi, untuk menampilkan Pulau Jeju ke seluruh dunia serta pada rencana strategis untuk promosi Pulau Jeju menggunakan judul sebagai salah satu New7Wonders of Nature," lanjut Weber seperti dikutip dari website New7Wonder, Senin (26/12/2011).

Pulau Jeju merupakan pulau vulkanik yang terletak 130 kilometer di lepas pantai selatan Korea Selatan. Jeju adalah pulau terbesar di provinsi terkecil yang memiliki gunung tertinggi, Halla-san. Halla-san adalah sebuah gunung merapi aktif dengan ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut (dpl).

Penduduk Jeju memiliki budaya dan bahasa yang berbeda dari orang-orang daratan Korea lainnya. Pulau Jeju juga terkenal karena struktur keluarga matriarkalnya, yang dilambangkan oleh haenyeo (laut perempuan), yang berpenghasilan dengan memanen hasil laut.

Pada 11 November 2011 lalu, New7Wonders mengumumkan berdasarkan abjad yakni Amazon, Halong Bay, Iguazu Falls, Pulau Jeju, Komodo, Puerto Princesa Underground River dan Table Mountain. Pulau Jeju adalah yang pertama mendapat pengukuhan secara awal, sebagai New7Wonders yang telah menyelesaikan validasi suara telepon nasional di Korea Selatan.

Para kandidat New7Wonders of Nature sementara yang tersisa saat ini tinggal menjalani tiga langkah dari proses verifikasi, validasi yaitu suara nasional, perhitungan suara konfirmasi global dengan sebuah perusahaan audit independen, dan persiapan serta pelaksanaan upacara peresmian.

No comments: