Friday, January 6, 2012

Karyawan Jakarta Bergaji Kecil Incar Rumah di Pinggir Kota

Jakarta - Rumah merupakan kebutuhan pokok masyarakat sebagai tempat tinggal. Untuk karyawan Jakarta bergaji rendah, rumah di pinggir kota menjadi incaran.

Menurut data penjualan Riscon Realty selaku pengembang properti segmen bawah,Tidak terkecuali karyawan Jakarta yang masuk kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), hampir seluruh pembeli rumah di proyek yang digarapnya adalah karyawan Jakarta.

"Di proyek kami hampir seluruhnya dari Jakarta," kata Presiden Direktur Riscon Realty, Ari T. Priyono, saat berbincang dengan detikFinance, Kamis (5/1/2012). Riscon kini memiliki tiga proyek rumah murah. Pertama Bumi Cilebut Damai (BCD), Griya Kalisuren Asri, dan Griya Kalisuren Paradise. Lokasi ketiganya berdekatan dengan jalur kereta api Jakarta-Bogor, khususnya stasiun Bojonggede, Bogor.

"Karyawan Jakarta memilih karena harga dan aksesibilitas. Dengan mengandalkan transportasi di stasiun," tambahnya.

Tahap awal, rumah murah BCD telah dipasarkan kepada karyawan outsourcing Bank Indonesia (BI). Masih ada lima kluster yang siap dikembangkan dengan target masyarakat umum berpenghasilan rendah.

"Di BCD kami bangun tipe 27 m2, juga ada 30 m2. Kita banyak kontrak dengan instansi, kemarin dengan BI. Juga ada dengan RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo), mereka minta 300 unit," tegas Ari.

Perumahan BCD ditawarkan dengan kisaran Rp 70 juta-Rp 80 juta. Sedangkan untuk Griya Kalisuren Asri dan Griya Kalisuren Paradise, harganya dipatok lebih rendah. "Untuk Kalisuren harganya tidak lebih dari Rp 60 juta karena kita dapat tanahnya juga lebih murah," ujar Ari.

Ke depan, Riscon akan mengembangkan lebih banyak rumah murah. Tidak hanya di pinggiran Jakarta tapi juga di seluruh Kabupaten."Kami ke depan akan ekspansi di luar Jakarta. Kami juga bisa melakukan join dengan land owner seperti pada Al-Azhar Green Garden. Hari ini Riscon juga dikenal sebagai tukang takeover proyek macet," imbuhnya seraya tertawa.


No comments: