Wednesday, September 19, 2012

Windows Server 2012 Support Hingga 64 Prosesor

Jakarta - Sebagai sistem operasi yang dirancang untuk 'komputer super', fitur bawaan Windows Server 2012 memang tak main-main. Bahkan Microsoft mengklaim sistem ini mampu mengelola 64 prosesor sekaligus.

Windows Server 2012 merupakan sistem operasi teranyar Microsot sebagai penerus Windows Server 2008 R2 yang sudah dirilis sejak 2010 silam. Produk ini pun diklaim punya sejumlah fitur bawaan yang luar biasa.

"Windows Server 2012 itu adalah sistem operasi yang luar biasa," klaim Andreas Diantoro, selaku President Director Microsoft Indonesia, di Balai Kartini, Rabu (19/9/2012).
Dibilang luar biasa karena menurut Andreas, Windows Server 2012 sangat berbeda dengan versi sebelumnya. Fitur-fitur dan soal dukungan perangkat keras makin diperkaya menyesuaikan spesifikasi hardware terkini.

Untuk dukungan prosesor misalnya, Windows Server 2012 diklaim mampu menangani 64 prosesor fisik secara simultan. Semakin luar biasa karena sistem operasi ini mendukung penggunaan memori RAM hingga 1 TB dalam satu server.

Andreas menjelaskan bahwa di Indonesia akan ada 2 varian Windows Server 2012, versi Azure yang berbasis komputasi awan dan versi biasa yang memiliki proses instalasi seperti biasa.

"Kalau yang Azure itu enak, orang bisa langsung pakai, karena cloud," ujar Andreas.

Namun untuk menikmati sistem operasi ini pengguna harus merogoh kocek yang cukup dalam, sebab lisensi Windows Server 2012 dibanderol mulai USD 5.000.

"Itu yang paling rendah, tapi biaya lisensi bisa disesuaikan tergantung keinginan konsumen mau per prosesor atau per server," jelas Andreas.

No comments: