Saturday, March 31, 2012

Lembaga Sertifikasi Halal Inggris Diakui MUI

Jakarta - Satu lagi lembaga sertifikasi halal asal luar negeri diakui oleh MUI. Lembaga sertifikasi halal asal Leicester ini boleh dibilang sebagai lembaga sertifikasi halal asal Inggris satu-satunya yang telah diakui MUI.

Kamis (29/3), MUI mengeluarkan surat pengakuan kepada lembaga sertifikasi halal asal Inggris. Lembaga sertifikasi halal tersebut adalah The Muslim Food Board (U.K) yang merupakan lembaga non profit yang terletak di kota Leicester. The Muslim Food Board (U.K) awalnya didirikan tahun 1992 untuk membantu para konsumen muslim Inggris dalam memastikan produk-produk halal.

Selain itu, The Muslim Food Board (U.K) juga berfungsi meneliti kehalalan produk-produk makanan dan minuman. Menjawab pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat seputar produk halal dan bahan-bahan halal. Lembaga itu juga ikut berwenang dalam memberikan sertifikat halal kepada perusahaan-perusahaan makanan dan minuman.

Lembaga non profit yang berkantor di Kota Leicester Inggris ini diakui MUI untuk kategori Processed Food. Adanya pengakuan lembaga sertifikasi halal asal Inggris ini menambah deretan lembaga-lembaga sertifikasi halal di seluruh dunia yang diakui MUI.

Hingga Maret 2012 ini MUI sudah mengakui 39 lembaga sertifikasi halal dari seluruh dunia. Dimana 33 lembaga sertifikasi halal diakui dalam kategori penyembelihan (slaughtering), 29 lembaga sertifikasi halal diakui dalam kategori pengolahan makanan (processed food) dan 11 lembaga di kategori flavor.



Read More...

Thursday, March 22, 2012

Dahlan Iskan Ngamuk di Pintu Tol Semanggi

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan ngamuk di pintu tol dekat Jembatan Semanggi menuju arah Slipi. Penyebabnya, antrean di tol tersebut sangat panjang tetapi loket yang dibuka hanya dua dari empat pintu yang ada.


Melihat antrean yang panjang itu, menurut Kepala Bagian Humas dan Protokol Kementerian BUMN Faisal Halimi, Dahlan yang hendak berangkat rapat koordinasi setiap Selasa ke Kantor PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) itu langsung turun dari mobil. Saat itu antrean sepanjang kurang lebih 30 mobil di depan pintu tol.

"Ini bertentangan dengan instruksinya agar antrean paling panjang lima mobil," kata Faisal kepada media, Selasa (20/3/2012).

Menurutnya, Dahlan langsung turun dari mobil dan memeriksa. Di situlah Dahlan melihat, dua loket masih kosong, dan hanya satu loket manual dan satu otomatis yang dibuka.

Dahlan pun masuk ke dua loket yang tutup itu dan membuang kursi yang ada di dalam. Lalu ia masuk loket satunya untuk juga membuang kursinya.

"Tidak ada gunanya kursi ini," kata Faisal menirukan ucapan Dahlan.

Sesaat kemudian, Dahlan melihat antrean tambah panjang. Secara cepat dia putuskan membuka penghalang pintu dan minta agar mobil yang antre segera masuk lewat loket kosong itu secara gratis.

Ia mengatakan, lebih dari 100 mobil disuruh lewat begitu saja tanpa bayar. Salah satu pemilik mobil yang sedang lewat itu ternyata mengenal Dahlan dengan baik. Dia adalah Emirsyah Satar, Direktur Utama Garuda.

Kontan saja Emir menyapa Dahlan. "Ada apa pak kok ngatur lalu lintas? Ini gratis ya pak," kata Faisal menirukan Emirsyah.

Setelah pintu tol sepi barulah Dahlan meninggalkan lokasi pintu tol menuju kantor Garuda.


Read More...

10 Aksi Kontroversial Dahlan Iskan Sejak Jadi Menteri BUMN

Jakarta - Menteri Perindustrian MS Hidayat pernah mengungkapkan, saat ini ada dua pejabat di Indonesia yang 'pandai' menyedot perhatian publik lewat aksi-aksinya. Mereka adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan dengan segala aksinya dan Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) dengan memindahkan PKL dan mobil Esemka.

Berikut beberapa aksi fenomenal bang Dis begitu ia disapa :

1. Jadi Sopir Wakil Menteri BUMN
Ini ia lakukan sebagai resep agar bisa menjalin hubungan yang harmonis dengan Wakil Menteri BUMN Mahmudin Yasin. Ia juga menciptakan model komunikasi moderen dengan para pejabat eselon I di lingkungannya.

Dahlan mengaku sebelum dilantik sebagai menteri BUMN tidak mengetahui siapa yang akan menjadi wakilnya. Pertemuan pertama Dahlan dengan Yasin adalah saat pelantikannya 19 Oktober 2011 lalu. Dahlan pun mencoba akrab dengan Yasin dengan mengajaknya mengendarai mobil bersama dari kantor presiden ke kementerian BUMN.

2. Naik Kereta Demi Rapat di Istana Bogor
Dahlan melakukannya demi memenuhi janjinya menggunakan KRL Commuter Line untuk melihat langsung perubahan fasilitas kereta api Jakarta-Bogor. Aksinya ini bersamaan ketika ia bermaksud ke Istana Bogor guna menghadiri rapat kabinet.

Layaknya penumpang biasa, Dahlan memilih memutar di sekitar lokasi, tidak ada satu pun ajudan yang ada di sampingnya. Dahlan ingin tahu perubahan-perubahan yang sudah dilakukan PT KAI. "Kita jangan cuma ngomel-ngomel, tapi nggak pernah nggak naik. Saya juga termasuk yang memang pencinta kereta," jelasnya.

Lewat aksinya itu ia nyaris telat rapat di Istana Bogor hingga harus menyewa ojek, dan harus berlari-lari kecil karena khawatir terlambat.

3. Menyetir Mobil 40 Km Hanya Demi Melihat Sapi
Peristiwa ini Dahlan lakukan saat peringatan hari pers nasional Februari lalu. Ia mengunjungi tempat peternakan sapi di pinggiran Kota Jambi, seperti biasa tidak ada pejabat yang mendampingi dan voorijder. Dia hanya didampingi dua staf khususnya dan wartawan senior Ishadi SK.

Dahlan mengemudikan mobil Ford Everest BH 1962 dari Kota Jambi menuju lokasi PTPN VI (PT Perkebunan Nusantara) yang berjarak sekitar 40 KM. PTPN VI berada di kabupaten Batanghari.

4. Ngamuk di Tol Semanggi
Nah, aksi yang satu ini masih begitu hangat dan menjadi pembicaraan publik dua hari lalu. Dahlan Iskan ngamuk di pintu tol dekat Jembatan Semanggi menuju arah Slipi. Penyebabnya, antrean di tol tersebut sangat panjang tetapi loket yang dibuka hanya dua dari empat pintu yang ada.

5. Rapat Wajib seluruh Direksi BUMN tiap Selasa Pagi
Ia mewajibkan rapat pimpinan setiap Selasa pagi. Rapat berfungsi untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi BUMN, mengevaluasi dan memutuskan langkah yang dilakukan. Menurutnya, pola rapat pimpinan ini berhasil membawa kinerja yang apik bagi PLN.

Pola rapat semacam ini, tidak hanya di jajaran Kementerian, para BUMN juga dianjurkan melakukan hal yang sama. Lalu, kenapa Selasa menjadi hari pilihan Dahlan? Mantan Bos Jawa Pos ini beralasan, bahwa Senin merupakan rapat konsolidasi intern berupa komunikasi antar staf. Dalam rapat awal pekan akan dibawa ke rapat pimpinan di hari Selasa.

6. Test Drive Mobil GEA dan Esemka
Dahlan menjadi salah satu sekian pejabat yang mencicipi mobil Esemka besutan pelajar SMK Solo. Selain Esemka, di juga ke Madiun untuk menyambangi kantor PT Industri Kereta Api (INKA) guna mencoba mobil buatan BUMN tersebut yang bermerek GEA.

Dahlan dijemput pihak INKA untuk meninjau pembuatan kereta di pabrik BUMN tersebut, dan akhirnya meninjau bengkel pembuatan mobil GEA. Salah satu mobil GEA yang dicoba Dahlan sempat mogok sehingga dia harus mengganti dengan mobil yang baru. Dahlan pun menggunakan mobil GEA untuk mengunjungi sebuah pesantren di Kelurahan Takeran, Magetan, Jawa Timur

7. Tolak Lift dan Ruang Kerja Pribadi dan Tak Pakai Mobil Dinas
Dahlan pernah menolak menggunakan lift pribadi di kantornya saat ia pertama kali jadi menteri BUMN ketika menyambangi para pegawai BUMN. Ia juga sempat menolak ruang kerja pribadi menteri BUMN dan memilih ruang rapat. Sosok unik ini juga jarang memakai mobil dinas, memilih mobil Jaguar pribadinya berplat L 1 JP.

8. Jalan Kaki ke Kantor Jero Wacik
Tak seperti kebiasaan menteri-menteri lainnya, Dahlan memang terlihat beda. Misalnya saat ia rapat ke Kementerian ESDM, Dahlan pernah berjalan kaki dengan sepatu kets kesayangannya dan didampingi oleh 2 asistennya. Kejadian itu terjadi pada Selasa (25/10/2011) beberapa hari setelah ia dilantik jadi Menteri BUMN.

Kantor Kementerian BUMN letaknya di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta. Memang jaraknya dengan kantor Kementerian ESDM hanya sekitar 300 meter karena berada di ruas jalan yang sama.

9. Menginap di Rumah Petani Miskin di Sragen
Kejadian ini ia lakukan saat kunjungan kerja ke Sragen, Jawa Tengah pertengahan Maret 2012. Mantan Direktur Utama PLN ini memilih menginap di rumah seorang warga di Dusun Karang Rejo, Desa Bener, Kecamatan Ngrampal, Sragen.

Bukan hanya itu saja, selama di rumah warga, Dahlan menyempatkan berdialog seputar kehidupan buruh tani. Dahlan juga melihat kandang sapi dan mengambil telur ayam, bahkan ikut menanam benih pada di sawah.

10. Rapat dengan Direksi BUMN Pakai 'BBM'
Dahlan perintahkan pola rapat seperti ini sekitar dua bulan terakhir kepada direksi BUMN, ini dilakukan sebagai cara baru untuk rapat. Ia dan anak buahnya tak perlu membuang waktu datang ke kantor Kementerian BUMN, tapi cukup melalui BlackBerry Messenger (BBM).
Read More...

Monday, March 19, 2012

Zona Waktu yang sudah 9 kali berubah

Meski usulan penyatuan zona waktu ini sempat membuat heboh, sebetulnya bagi Indonesia, ini bukanlah soal baru.

Sejak Jepang bekuasa di nusantara pada 1942, Jepang menyatukan zona waktu yang pernah disusun para pengusaha pribumi dan Belanda. Pada 1932 hingga 1942, Belanda membagi waktu bagi nusantara menjadi 6 zona.

Di tangan Jepang, standar waktu Indonesia mengikuti Tokyo yaitu GMT+9. Alasannya sederhana. Jepang ingin membuat efektif operasi militer mereka. Tentu saja tujan lain adalah “menjepangkan” wilayah Koloni. Ini juga bukan baru. Pada 1908, dibawah Belanda, nusantara jajahan ini ikut pembagian waktu di negeri Belanda.

Aturan lebih lokal dibuat pada 6 Januari 1908. Lewat Gouvernements besluit, Belanda memutuskan zona waktu Jawa Tengah dan Batavia dengan perbedaan waktu 12 menit. Peraturan resmi berlaku 1 Mei 1908, tapi hanya berlaku untuk Jawa dan Madura. Di luar wilayah itu, Belanda sama sekali tak mengaturnya.

Baru pada 1918, Belanda akhirnya mengatur pembagian zona waktu untuk wilayah di luar Jawa seperti Sumatera Barat dan Timur serta Balikpapan. Misalnya, Padang berbeda waktu 39 menit lebih lambat dari Jawa Tengah. Balikpapan berselisih 8 jam 20 menit lebih cepat dari Greenwich.

Pada 1924, Belanda menetapkan selisih waktu antara Jawa Tengah dengan Greenwich adalah 7 jam 20 menit lebih cepat dari Greenwich. Di luar peraturan itu, pembagian waktu tiap daerah ditentukan oleh Hoofden van Gewestelijk Bestuur in Buitengewesen.

Memasuki 1930-an, penerbangan internasional dari Hindia Belanda ke Singapura dan Australia dibuka. Hindia Belanda, untuk pertama kalinya, membagi enam zona waktu sejak 11 November 1932.

Selain pertimbangan penerbangan, kebiasaan masyarakat pemakai jam matahari juga menjadi alasan keluarnya peraturan ini. Pemerintah kolonial berharap masyarakat itu tak dirugikan dengan pembagian waktu ini. Ada selisih waktu, tiap zona 30 menit.

Setelah Jepang kalah di Perang Dunia Kedua, dan Belanda menduduki kembali sebagian daerah di Indonesia pada 1947, sistem waktu di Indonesia diringkas menjadi tiga zona. Tiap zona berselisih GMT +6, +7, dan +8, kecuali Papua yang berselisih GMT + 9. Namun, pembagian ini tak berlangsung lama. Pada 1950, Belanda mengakui kedaulatan Indonesia. Dengan demikian, Indonesia kembali ke pembagian enam zona waktu dengan selisih 30 menit tiap zona.

Seperti ditulis oleh historia.com, aturan ini tertuang dalam Keppres RI No. 152 Tahun 1950 yang mulai berlaku pada 1 Mei 1950. Hanya Irian yang masih menggunakan peraturan Belanda tahun 1947 karena masih diduduki Belanda. Keppres itu bertahan selama 13 tahun.

Pada 1963, Indonesia mengubah kembali zona waktu menjadi tiga zona waktu: barat, tengah, dan timur. Irian Jaya yang telah kembali ke wilayah Indonesia masuk zona timur bersama daerah tingkat I Maluku karena terletak pada 135 derajat bujur timur. Selisih waktunya dengan GMT adalah + 9. Pembagian itu resmi dimulai sejak 1 Januari 1964.

Peraturan itu bertahan sampai 1987, ketika pemerintah membuat kebijakan memutuskan Bali masuk ke zona tengah karena pertimbangan pariwisata, sedangkan Kalimantan Barat dan Tengah ditarik ke zona barat dari zona tengah. Indonesia tetap dengan zona tiga waktu sampai hari ini.

Ide penyatuan zona waktu ini tentu saja membangkitkan pro dan kontra. Deputi Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan Lembaga Penerbangan Antariksa (Lapan) Thomas Djamaluddin mengatakan pembagian waktu di Indonesia sekarang sudah tepat secara internasional. Posisi Indonesia ada di 95 hingga 141 derajat garis bujur timur. Artinya zona waktunya terbagi tiga.

Sayangnya, diakui Thomas, penentuan zona waktu di dunia seringkali dibuat oleh dua alasan utama, politis dan ekonomis. China sengaja menyatukan penentuan zona waktu mereka ke dalam satu waktu karena alasan politis. (Baca juga Membunuh “30-12-2011” di Samoa). Sementara Amerika Serikat yang tetap 4 zona waktu dengan alasan ekonomis.

Ide penggabungan zona waktu di tanah air, bagi Thomas dianggap kurang tepat. Setidaknya, harus dikaji lebih mendalam. "Jika disesuaikan jam standar, maka WIB akan dipaksakan bekerja lebih awal, sedangkan WIT lebih pagi," kata dia. Risikonya, waktu produktif masyarakat tak sesuai dengan aktivitas matahari, terutama bagi yang terbiasa dengan jam matahari.

Read More...

Dunia dalam Satu Waktu...mungkinkah?

Irlandia, 1876. Sandford Fleming telah mengantongi tiket kereta untuk satu perjalanan yang dirancangnya. Agen perjalananannya telah mengatur jadwal keberangkatan mengasyikkan, pukul 5.35 malam waktu setempat.

Insinyur Kanada itu pun telah hadir di stasiun menjelang waktu keberangkatan. Tapi, sial. Kereta rupanya telah berangkat 12 jam sebelumnya, pada pukul 5.35 pagi. Fleming pun bingung. Standar waktu dunia saat itu memang amburadul. Kisah itu diungkap dalam buku Time Lord: Sir Sandford Fleming and the Creation of Standard Time.

Pengalaman buruk itu lalu membuat Fleming berpikir: bumi satu, mestinya pembagian waktu bisa diatur bersama. Dia lalu membagi waktu berdasarkan rotasi bumi 24 jam. Bumi bulat dihitung 360 derajat, dan lalu dibagi dalam 24 zona waktu.

Titik nol atau toloknya berasal dari Greenwich, di bujur 0 derajat. Ini berarti, waktu di tiap garis bujur selebar 15 derajat dapat berbeda satu jam lebih lambat, atau lebih cepat dari Greenwich.

Setelah perdebatan panjang, di hadapan para pemimpin dari penjuru dunia di Konferensi Meridian Internasional, inovasi pembagian waktu dunia karya Fleming pun diterima. Sejak 1884 dunia memakainya. Tak terkecuali Indonesia.

Berdasarkan Greenwich Mean Time (GMT) pula, Indonesia kini menetapkan tiga zona waktu. Untuk bagian barat GMT +7, GMT+8 untuk wilayah tengah, dan GMT+9 bagi Indonesia bagian timur. Begitulah keputusan pemerintah, dan warga menyusun irama hidupnya setiap hari berdasarkan zona waktu itu.

Tapi, ada satu ide menyentak pekan lalu: bagaimana kalau tiga zona waktu itu dihapus, dan Indonesia hanya punya satu standar waktu saja, di GMT +8? Usulan itu datang dari Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (KP3EI), pada 9 Maret 2012.

Apa pertimbangannya? "Kami ingin memeluk orang-orang agar sama. Bangun sama-sama, tidur juga sama-sama (waktunya)," ujar Deputi Menko Perekonomian Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Lucky Eko Wuryanto.


Read More...

Ini Alasan BI 'Haramkan' DP Motor Rp 500.000

Bank Indonesia (BI) kini mengharamkan bank menyalurkan kredit kendaraan bermotor dengan down payment alias DP rendah. Apa alasan BI?

Juru Bicara BI Difi Johansyah mengungkapkan, penyaluran kredit kendaraan bermotor semakin 'menggila'. BI memandang diperlukan prinsip kehati-hatian kedepan terkait penyaluran kredit konsumtif ini.

"Rasio kredit bermasalah (NPL) untuk kendaraan bermotor masih stabil sebesar 1,1%. Rasio NPL yang cukup tinggi tercatat pada kendaraan roda 2 1,9% dan truk 2,1%," jelas Difi kepada detikFinance, Senin (19/3/2012).

"Sementara itu, NPL untuk kredit kendaraan bermotor yang dikeluarkan perusahaan pembiyaan berada pada kisaran 2,8%. Namun demikian NPL tersebut belum memperhitungkan jumlah penarikan kendaraan," imbuh Difi.

Menurut Difi, perlu disadari bahwa faktor kemampuan manajemen masing-masing individu bank atau lembaga keuangan turut mempengaruhi besarnya risiko yang terjadi.

"Namun demikian, penetapan ketentuan DP untuk kredit kendaraan bermotor ini tetap diperlukan untuk meningkatkan tingkat kehati-hatian," jelasnya.

Karena berdasarkan assesment, diketahui bahwa hubungan DP dan NPL memiliki korelasi negatif. Korelasi antara DP-NPL untuk kredit kendaraan bermotor per-Desember 2011 adalah -0,68. Sedangkan untuk KPR sebesar -0,40.

"Dari angka korelasi yang menunjukkan angka negatif, dapat disimpulkan bahwa semakin rendah DP yang diberikan, maka NPL cenderung semakin tinggi dan sebaliknya selama tahun 2011 angka korelasi antara DP dan NPL untuk KKB dan KPR setiap bulannya bergerak fluktuatif, namun selalu menunjukkan korelasi negatif dengan rata-rata untuk DP-KKB sebesar -0,39 dan korelasi rata-rata DP-KPR sebesar -0,37," ungkapnya.

Difi juga memaparkan, kredit kendaraan bermotor penyalurannya semakin 'menggila'. "Kredit untuk kendaraan bermotor didominasi kredit untuk kendaraan roda empat 64,4% dan sepeda motor 34,5%," tutur Difi.

Per Desember 2011, secara keseluruhan kredit kendaraan bermotor tumbuh 32,1% (yoy) didominasi kredit roda 4 yang tumbuh 62,2%, sementara roda 2 tumbuh 4,7%.

"Terdapat 85 bank yang menyalurkan kredit kendaraan bermotor, yang terdiri dari 59 bank menyalurkan kredit untuk mobil dan motor dan 26 bank hanya menyalurkan KKB untuk mobil," jelasnya lagi.

Dari sisi unit yang dibiayai roda 2 memiliki pangsa terbesar 77,54% dan. dari sisi kredit roda 4 memiliki pangsa terbesar 64,4%. Penjualan kendaraan bermotor di tahun 2011 diprediksi meningkat 12% dibanding tahun 2010.

Meskipun sempat terjadi perlambatan karena musibah tsunami di Jepang, namun sejak Juni 2011 pasokan untuk produksi telah normal kembali dan penjualan kembali meningkat.

Seperti diketahui, BI mematok DP bagi kredit motor sebesar 25% dan kredit mobil sebesar 30%. Bank bisa dibekukan kegiatan usahanya jika melanggar ketentuan tersebut
Read More...

Sunday, March 18, 2012

Hancurkan Wolves 0-5, MU kokoh di puncak

Manchester United berpesta gol saat melawat ke markas Wolverhampton Wanderers. MU menang telak 5-0 atas tim tuan rumah yang harus tampil dengan 10 pemain sejak babak pertama.

Jonny Evans mengawali pesta gol MU di Stadion Molineux, Minggu (18/3/2012) malam WIB, lewat golnya pada menit 21. Dalam keadaan tertinggal, Wolves justru kehilangan Ronald Zubar yang menerima kartu kuning kedua pada menit 39.

Unggul jumlah pemain, MU menambah keunggulan di paruh pertama lewat Antonio Valencia dan Danny Welbeck. Di babak kedua, Javier "Chicharito" Hernandez menyumbang dua gol tambahan.

Hasil ini membuat MU mengukuhkan posisi di puncak klasemen Liga Primer Inggris dengan poin 70, unggul empat angka dari Manchester City yang belum memainkan pertandingan pekan ke-29-nya.

Wolves sementara itu tergeser ke posisi terbawah klasemen karena punya catatan produktivitas gol yang lebih buruk dari Wigan.
Read More...

Tuesday, March 13, 2012

Penyamaan Zona Waktu Di Indonesia, konflik ??

Jakarta - Wacana penyatuan zona waktu di seluruh wilayah Indonesia terus bergulir. Walaupun sejumlah menteri masih bingung terhadap konsep yang terus didorong Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa ini.

"Untungnya banyak, bisa menghemat triliunan, hemat energi dan lebih cepat kita terkonek dengan dunia luar dalam melakukan bisnis," kata Hatta di Kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (12/3/2012).

Hatta yakin walau sampai saat ini masih berupa wacana, namun riset terhadap penyamaan zona waktu di seluruh wilayah Indonesia sudah ada. Bahkan sudah dibahas di Komite Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) sejak dirinya masih menjabat sebagai Menteri riset dan teknologi (Menristek).

"Bayangkan, jam 7 pagi saya rapat, di Singapura sudah kerja. Kalau jam 8 pagi kita baru mulai kerja di Singapura sudah dapat profit (untung). Jadi kita tidak boleh kalah," ujar Hatta.

Kapan wacana ini diterapkan? "Ya belumlah, walaupun ada keinginan dari komite diterapkan pada 17 Agustus nanti, kawan-kawan mendukung apa tidak?" tambahnya.

Terkait banyak mekanisme dan aturan yang harus diubah jika penyamaan zona waktu tersebut diberlakukan misalnya jam perdagangan di Bursa Efek Indonesia menurut Hatta aturan tersebut selama bukan Kitab Suci dan malah menguntungkan Indonesia kenapa dijadikan hambatan tinggal diubah.

"Selama bukan Al-Quran, semuanya bisa diubah selama itu menguntungkan buat kita," tandas Hatta.
Read More...

Keyakinan Jadi Kunci 'Setan Merah' Gusur City

Manchester - Setelah berjuang keras, Manchester United akhirnya berhasil menggusur Manchester City dari puncak klasemen Premier League. Menurut Ashley Young, sedari awal timnya memang yakin bisa melakukan hal tersebut.

MU naik ke puncak klasemen setelah mereka mengalahkan West Bromwich Albion 2-0 dan di saat bersamaan City kalah 0-1 di kandang Swansea. 'Setan Merah' kini unggul satu poin atas tetangganya itu.

Jika melihat calon-calon lawan di sisa musim, perjuangan MU bisa dibilang akan lebih ringan dibandingkan City. MU sudah mengalahkan Arsenal, Liverpool, dan Tottenham Hotspur, serta mengimbangi Chelsea, di paruh kedua. Praktis, tinggal City saja lawan berat buat pasukan Sir Alex Ferguson.

Sementara itu, City masih ditunggu beberapa tim kuat. Mereka masih harus bertemu Arsenal, Chelsea, Newcastle United, dan tentu saja MU.

"Kami merasa jika kami bisa melalui laga-laga tandang sulit itu, kami akan lebih siap untuk sisa musim," cetus Young di Sky Sports.

"Kami mampu melakukan itu dan sekarang performa kandang kami akan jadi kuncinya."

"Banyak orang yang mungkin tak berpikir kami akan ada di depan City. Tapi, kami punya keyakinan," katanya.
Read More...

Rumah Cantik Rp 70 Juta Lebih Cocok di Bawah Tipe 36

Jakarta - Hasrat masyarakat ingin memiliki rumah (landed house) tipe 36 seharga Rp 70 juta di pinggiran Jakarta memang tinggi. Kenyataannya rumah dengan harga demikian sangat sulit dijumpai di pinggiran Jakarta.

Arsitek sekaligus Direktur Utama Prasetya Putramas Mandiri (PPM) Richard Aditya Nugraha mengatakan diperlukan kajian detail terkait pembangunan rumah tipe 36 seharga Rp 70 juta per unit seperti di kawasan Bekasi antaralain Tambun dan Cibitung.

Ia pesimis proyeksi ini bisa dilanjutkan karena harga tanah untuk kawasan Bodetabek seperti Cibitung atau Tambun rata-rata sudah di atas Rp 400 ribu per meter persegi. Meskipun ada satu atau dua daerah pedalaman di Tambun yang harganya masih di kisaran Rp 250 ribu per meter persegi. Menurutnya dengan harga biaya bangunan Rp 25 juta itu lebih cocok untuk tipe di bawah 36.

"Kalau dari harga lebih cocok di bawah tipe 36. Kalaupun dibangun harus ada kajian detail apakah bangunan itu kuat dan tahan lama dalam hitungan puluhan tahun," kata Prasetya kepada detik Harian, Senin (12/3/2012)

Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) optimistis rumah tipe 36 seharga di bawah Rp 70 juta per unit masih bisa bangun di pinggiran Jakarta seperti daerah Tambun serta Cibitung, Bekasi, Jawa Barat.

Deputi Bidang Pembiayaan Kemenpera Sri Hartoyo mengatakan peluang pembangunan rumah sederhana tipe 36 seharga 70 juta per unit bisa dilakukan di beberapa daerah tertentu yang harga tanah masih di bawah 400 ribu per meter persegi.

Ia akan mendorong Pembangunan Perumahan Nasional (Perumnas) untuk membangun rumah tipe 36 seharga 70 juta di kawasan pinggiran Jakarta dengan catatan harga tanahnya masih di bawah Rp 400 ribu.

Pembangunan ini nanti bisa dilakukan serta dijadikan contoh agar pihak pengembang lain seperti Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) bisa kembali tertarik kemudian melanjutkan dalam proyek Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).
Read More...

Wednesday, March 7, 2012

Rumah Cantik nan Murah Rp 70 Juta di Jakarta Cuma Mimpi

Jakarta - Rumah baru layak huni tipe 36 m2 seharga Rp 70 juta belum tentu berdiri, meski Menpera Djan Faridz berjanji akan menghapus biaya perizinan mulai dari sertifikasi, IMB serta instalasi listrik. Tidak mudah menghilangkan biaya di atas karena selama ini seluruh perijinan tercatat sebagai pendapatan asli daerah.

"Kalau janji bisa dihapus, apa bisa? Ini kan kebijakan pemerintah pusat. Selama ini memang pusat pikirin (pemerintah) daerah?," kata Wakil Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI), Hari Raharta Sudrajat, kepada detikFinance, Selasa (7/3/2012).

Ia mengatakan, tidak mudah menghapus biaya pendirian rumah yang selama ini ditanggung oleh pengembang. Pemerintah pusat harus mulai menjalin komunikasi dengan Pemda setempat.

"Harus ada pendekatan langsung. Prinsipnya Rp 70 juta bisa terealisir asal jangan ada yang dikorbankan. Hasil yang selama ini ada, daerah enggak pernah diajak," tambahnya.

Hal yang sama disampaikan Ketua DPD Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesa (Apersi), Eddy Ganefo. Menurutnya, gagasan penghapusan biaya bukanlah hal yang baru. Menpera sebelumnya juga pernah menawarkan hal yang sama, namun terbukti tidak berhasil.

Eddy menyebut langkah Djan Faridz adalah teori usang. "Itu sudah sering kali, dan enggak bisa terlaksana seperti biaya sertifikasi dan lain-lain. Itu tidak mudah," tuturnya.

Apersi mencatat biaya perijinan pendirian rumah mengambil bagian 20%-30% dari harga jual. "Ada ijin pemda dan pusat, belum lagi ada biaya penyambungan listrik, biaya jaringan air minum, pertanahan. Ini masih diluar pajak, dan jika harga (rumah) Rp 70 juta maka pajaknya naik lagi," tegas Eddy.

Khusus biaya pembebasan tanah saja, pengembang mengaku harus mengeluarkan dana Rp 20 juta-Rp 30 juta untuk wilayah Banten, Jawa Barat atau Jawa Timur. Ini dengan asumsi kavling yang ditawarkan sekitar 72 m2.

"Kalau di Jakarta (tanah) sudah jutaan. Di pinggiran juga bisa dilihat sudah naik. Untuk Rp 70 juta rumah 36 m2 adalah mimpi. Bangunan tipe 36 m2 itungan kami masih berkisar di harga Rp 60 juta-Rp 80 juta, itupun di daerah," imbuh Eddy.

Read More...

Friday, March 2, 2012

Inilah 10 Negara Terkaya Di Dunia

Jakarta - Majalah Forbes melansir 10 negara terkaya di dunia. Forbes memeringkat negara tersebut berdasarkan perhitungan PDB perkapita dari Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF).

Untuk membuat peringkat negara-negara terkaya di dunia, Forbes melihat pada PDB per kapita yang disesuaikan dengan daya beli bagi 182 negara.

“Hal ini, pada dasarnya, satu-satunya cara kita harus membandingkan PDB antar negara,” ucap Gian Luca Clementi, Profesor Ekonomi di Universitas New York kepada Forbes seperti dikutip Jumat (2/3/2012).

Berikut Peringkat 10 negara terkaya di dunia :
1. Qatar

Jika kekayaan adalah kekuatan, maka orang-orang Qatar mempunyai beberapa otot yang harus serius dilenturkan. Berlokasi di Teluk Persia Emirat dengan 1,7 juta warga ini, Qatar tercatat sebagai negara terkaya di dunia.

Qatar harus berterima kasih kepada harga minyak yang melambung tinggi dan besarnya cadangan gas alam yang mereka miliki. Dengan menyesuaikan daya beli, Qatar mencatat produk domestik bruto per kapita diperkirakan lebih dari US$ 88.000 untuk tahun 2010.

Qatar mempunyai cadangan gas alam terbesar ke-3 di dunia, dan sebagian besar sudah diinvestasikan dalam infrastruktur untuk mencairkan dan mengekspornya.

2. Luxemburg

Urutan ke-2 adalah Luxembourg sang “ikan kecil perkasa”. Dengan daya beli PDB per kapita diatas US$ 81.000. Negara dengan warga yang hanya mencapai setengah juta ini menjadi pusat keuangan di paruh kedua abad ke-20. Sebagian berkat kerahasiaan hukum perbankan yang sangat ketat dengan reputasi atas “surga nya pajak”.
3. Singapura

Diikuti oleh Singapura di nomor 3 yang negaranya digerakkan oleh sektor teknologi, manufaktur dan finansial. Pendapatan per kapita masyarakatnya sebesar hampi US$ 56.700.
4. Norwegia

Di Norwegia, yang menempati peringkat ke-4, jumlah pendapatan dari minyak bumi yang sebagian besarnya adalah hasil ekspor dan merupakan kontribusi utama bagi negara ini. Disesuaikan PDB per kapita, Norwegia mencatat PDB per kapita yang hampir mencapai US$ 52,000. Negara tersebut juga merupakan salah satu negara ekspotir gas terbesar.

5. Brunei

Sementara itu, Brunei yang terletak di Pulau kalimantan, menuai manfaat dari minyak bumi dan ladang gas alam yang sangat luas dan masuk di peringkat ke-5. PDB per kapita-nya lebih dari US$48,000.

6. Uni Emirat Arab

Salah satu negara penghasil minyak terbesar ini menempati posisi ke-6 sebagai negara terkaya di dunia. Forbes memilih Uni Emirat Arab karena memiliki PDB per kapita yang mencapai US$ 47.439

7. Amerika Serikat

Salah satu negara terbesar di dunia ini menempati posisi ke-7 jajaran negara terkaya. Negara yang dipimpin Presiden Barrack Obama ini memiliki PDB per kapita yang mencapai US$ 46.860

8. Hong Kong

Negara yang memiliki 3 pulau ini terkenal dengan bandar udara yang cukup modern. Forbes menempatkan Hong Kong di posisi ke-8 dengan PDB per kapita yang mencapai US$ 45.944

9. Swiss

Swiss merupakan negara Eropa tengah yang berbatasan dengan Jerman, Perancis, Italia dan Austria. Forbes menempatkan Swiss di posisi ke-9 dengan memiliki PDB per kapita yang mencapai US$ 41.950

10. Belanda

Negara kincir angin ini memiliki PDB per kapita yang mencapai US$ 40.973. Belanda menempati posisi paling buncit 10 negara terkaya di dunia.
Read More...